Jumat, 08 Februari 2008

cara seseorang menjadi sukses

1. Tingkatkan Keahlian Anda

Kuasai pekerjaan Anda sambil terus memperluas wawasan dan meningkatkan keahlian. Jangan lewatkan kesempatan jika Anda ditawari seminar atau training oleh perusahaan. Cari tahu segala hal yang berhubungan dengan posisi baru yang Anda harapkan tersebut, sehingga Andapun tahu keahlian apa yang harus Anda tingkatkan untuk bisa duduk dalam posisi tersebut.

2. Jaga hubungan dengan atasan Anda

Atasan Anda adalah seseorang yang menentukan apakah Anda layak dipromosikan atau tidak, karena itu jaga hubungan Anda dengannya. Perlihatkan bahwa Anda mampu melakukan tugas dan tanggung jawab Anda sesuai harapannya. Cari tahu juga apa sebenarnya yang ia butuhkan dari seorang karyawan.

3. Peliihara networking Anda

Bangun networking Anda dengan menjalin hubungan dengan rekan-rekan dari divisi lain dan jaga hubungan Anda dengan klien-klien yang pernah atau masih bekerjasama dengan perusahaan tempat Anda bekerja. Buatlah janji makan siang secara regular dengan mereka.

4. Hargai diri Anda

Buatlah portfolio berisi pencapaian Anda selama ini. Susun dalam file-file yang rapi agar mudah mencarinya. Cara ini akan mempermudah Anda mengetahui sejauh mana kontributor Anda kepada perusahaan sekaligus mengukur keahlian apa saja yang Anda miliki.

5. Berikan energi positif

Jika Anda ingin dapat dipercaya seperti atasan Anda, Anda harus bisa memberikan perasaan aman kepada orang-orang di sekitar Anda. Jika Anda ingin menjadi contoh, Anda harus bisa membuat orang lain percaya diri dengan pekerjaan mereka dan tidak pernah mengeluh terhadap pekerjaan Anda sendiri.

6. Perlihatkan kemampuan Anda

Salah satu jalan agar atasan Anda melihat potensi dalam diri Anda adalah menjadi pribadi yang aktif. Caranya antara lain dengan menyelesaikan proyek-proyek yang ditugaskan kepada Anda dengan baik, mengungkapkan ide-ide Anda dalam rapat, atau mencoba menulis sebuah jurnal disuatu surat kabar terkenal. Jika ada kesempatan untuk mengenal jajaran majemen, manfaatkanlah kondisi ini dalam memperlihatkan potensi Anda kepada mereka.

7. Menjadi pribadi yang 'sesuai'

Tunjukkan sikap kerja Anda semaksimal mungkin agar sesuai dengan posisi yang Anda incar. Misalnya Anda ingin menjadi manajer pemasaran, maka belajarlah untuk bersikap seperti manajer pemasaran.

8. Ciptakan kesempatan

Tidak semua orang memiliki kesempatan untuk diserahi tanggung jawab dalam sebuah proyek. Jika Anda tidak memiliki kesempatan itu, maka ciptakanlah kesempatan itu! Jika Anda menemukan suatu area yang tidak terpikirkan namun dapat memberikan kontribusi penting dalam perushaan, buatlah proposal dan presentasikan di depan atasan Anda.

9. Kesabaran dan loyalitas

Salah satu faktor yang mempengaruhi seseorang agar dipromosikan adalah loyalitas kepada perusahaan. Jika orang-orang di atas Anda mengundurkan diri, maka pelan-pelan Anda pun akan sampai pada posisi yang Anda inginkan. Jadi tetaplah bersabar sambil terus mengembangkan kemampuan.

10. Mengerti situasi dan kondisi

Lihatlah situasi di kantor Anda.. Jika kantor sedang dalam masa sulit, otomatis kesempatan promosi akan menjadi lebih kecil. Bersikaplah realistis. Kalau Anda ingin perubahan, jalan terakhir adalah mencari perusahaan yang punya posisi sesuai keahlian dan pengalaman Anda dan Anda langsung menempati level di atas posisi Anda sekarang!

Tidak ada komentar: